Kesalahan Minum Obat Yang Justru Akan Memperparah Penyakit

Kesalahan Minum Obat Yang Justru Akan Memperparah Penyakit

Fungsi obat adalah untuk menyembuhkan suatu penyakit, namun obat akan berbalik menjadi membahayakan jika ada kesalahan saat meminumnya. Efek samping yang ditimbulkan biasanya obat menjadi tidak mujarab lagi untuk menyembuhkan penyakit yang justru akan menimbulkan masalah kesehatan lainnya. Penting untuk mengetahui dan membaca petunjuk penggunaan obat sebelum mengkonsumsinya.

Kesalahan meminum obat terjadi biasanya pasien tidak mengikuti petunjuk penggunaan, justru akan mengakibatkan timbulnya penyakit lainnya yang lebih serius bahkan dapat berakibat fatal bagi tubuh. Berikut ini adalah kesalahan saat meminum obat yang harus kamu ketahui,

1. Minum obat tidak menggunakan air putih
Kesalahan ini sangat sering dilakukan oleh pasien, tak jarang ada seseorang yang meminum obat menggunakan minuman lain seperti kopi, the, jus buah atau yang lainnya yang sebenarnya tidak dianjurkan. Jika ini dilakukan, maka tubuh akan mengurangi proses penyerapan obat-obatan. Ada juga orang yang minum obat menggunakan susu yang membuat efek obat menjadi lemah.

2. Dicampur dengan makanan
Jangan sesekali meminum obat dicampur dengan sembarang makanan, karena fungsi obat bisa berkurang akibat dari mengkonsumsi makanan tertentu. Kamu juga harus memperhatikan bahwa obat tidak dianjurkan untuk dicampur dengan makanan yang kaya akan serat, karena menghilangkan sebagian komponen dalam obat yang berguna bagi tubuh.

3. Campuran obat yang salah
Bagi kamu yang mengkonsumsi beberapa obat dalam satu waktu harus memperhatikan hal ini. Obat yang bertolak belakang justru akan membuatmu sakit, karena interaksi dua obat tersebut dalam tubuh justru akan mengurangi efektivitasnya atau menyebabkan efek samping yang buruk.

4. Tidak sesuai dengan waktu
Kesalahan yang saat ini juga cukup sering terjadi yaitu mengkonsumsi obat namun tidak disesuaikan dengan waktu meminumnya. Kamu harus mengikuti jadwal yang sudah dianjurkan oleh dokter untuk mengkonsumsi obat-obatan antibiotik. Agar obat tetap berfungsi, maka kamu harus menjaga jumlah konsentrasi obat yang tepat dalam tubuh. Jika tidak meminum obat secara rutin dan teratur, maka kamu akan mendapatkan resiko kesehatan. Beberapa obat-obatan seperti steroid, antidepresan dan pengencer darah karena jika tidak teratur justru akan membahayakan kesehatan.

5. Kelebihan dosis
Kelebihan dosis juga menjadi kesalahan saat minum obat yang sering ditemukan, karena penggunaan obat yang tidak sesuai dengan aturan pakai. Banyak orang melakukan kesalahan ketika minum obat sehingga dosisnya menjadi berlebih seperti,
– obat yang digunakan lebih dari aturan yang telah dianjurkan dalam satu hari pakai
– obat yang digunakan adalah obat yang sama yang berasal dari wadah yang berbeda dalam waktu bersamaan
– obat yang digunakan melebihi dosis yang dianjurkan untuk satu kali pakai
– obat tidak diminum mengikuti aturan waktu yang disarankan
Kesalahan tersebut diatas harus segera dihindari, jika kamu menginginkan penyakitmu cepat sembuh.

6. Dosis yang kurang
Tak hanya kelebihan dosis, kurangnya dosis juga akan berpengaruh pada fungsi obat. Jika meminum obat kurang dari jumlah yang dianjurkan dalam satu kali minum, mengabaikan anjuran dosis, menghentikan pemakaian sebelum waktunya atau tidak menggunakan obat sama sekali dalam 1 hari maka akan membuat dosisnya berkurang dan harus kamu hindari agar kamu cepat sembuh.

Dengan mengetahui kesalahan dalam meminum obat, kamu tentu lebih bisa mengikuti anjuran dokter. Kesehatan harus dinomor satukan, karena sehat itu mahal dan sesuatu yang berharga di masa depan. Dan untuk kamu kaum wanita silahkan kunjungi clubwanita.com untuk menjaga kesehatanmu. Dengan mengikuti saran diatas, maka penyakitmu akan sembuh dan tubuhmu kembali pulih.

About the Author: Founder